Asy-Syaikh Muhammad Al-Imam Tetap Puasa Bersama Pemerintah

بسم الله الرحمن الرحيم

Ringkasan dari ucapan Syaikh Muhammad Al-Imam حفظه الله (Pimpinan Darul Hadits Ma’bar, Yaman) dengan sedikit penjelasan:

“Seandainya Saudi telah mengumumkan bahwa besok (jum’at) puasa sementara pemerintah Yaman belum mengumumkan, maka kita menunggu pengumuman dari pemerintah Yaman. Jika mereka umumkan besok (jum’at) puasa maka kita puasa bersama pemerintah, jika tidak mengumumkan maka kita tetap bersama pemerintah menunda puasa.

Maka ketika tidak ada penetapan puasa dari pemerintah jadilah hari besok (jumat) adalah hari ke 30 dari bulan sya’ban. Dan hal ini akan jelas dengan akhir ramadhan nanti. Kalau ternyata akhir ramadhan kita cuma mencapai 28 hari, berarti hari yang kita anggap hari ke 30 sya’ban itu hakikatny adalah tanggal 1 ramadhan. maka nanti kita mengqadha’nya, karena kita cuma puasa 28 hari, smentara hari dari satu bulan itu minimal 29 hari.”

Mungkin ini menjadi sedikit pelajaran bagi warga Indonesia.


“Diantara sekte islam yang nyleneh dalam hal bulan puasa adalah Rafidhah. Mereka suka memajukan satu hari atau mengundurkan satu hari (secara sengaja). Tujuan mereka adalah agar berbeda dengan keumuman kaum muslimin. (Karena prinsip mereka adalah orang yang tidak sama keyakinannya dengan mereka maka islamnya diragukan keabsahannya. Pemerintah yang tidak bersama mereka bukan pemerintah muslim.)”

Keanehan Rafidhah yang lain adalah: mereka meningkari adanya shalat tarawih. Melalui pernyataan tokoh mereka: Yahya bin Husain. Tidak benar periwayatan dari Zaid bin ‘Ali ataupun dari ‘ALi bin Abi Thalib bahwa mereka menginkari shalat tarawih, bahkan semua Ahlu bait yang hakiki mereka semua menunaikan shalat tarawih.

Dinukil dari tanya jawab bersama Syaikh hari kamis malam jum’at pada akhir sya’ban menjelang ramadhan.

3 responses to this post.

  1. Posted by Abu Ahmad Bambang Tripujo on 18/08/2012 at 23:16

    Bismillah. Akhi fillah, banyaksekali faidah yang bisa ana ambil dari blog antum ini. Alangkah baiknya jika antum mau manyisihkan sedikit waktu secara rutin, untuk memberi sedikit faidah pada orang seperti kami ini. Kami senantiasa menunggu tetesan ilmu yang bersumber langsung dari ulama-ulama sunnah.

    Balas

  2. Posted by tran putra on 05/03/2013 at 10:25

    BARAKALLAHU FIKUM

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: