Kita Didampingi Jin Kafir Dan Malaikat

بسم الله الرحمن الرحيم

Asy-Syaikh Muhammad Al-Imam hafizhahullah berkata dalam “Al-Inqadz”:

Tidak Ada Seorang Muslimpun Kecuali Memiliki Pendamping Kafir Dari Kalangan Jin Yang Selalu Bersamanya

Termasuk perkara yang wajib diketahui oleh kaum muslimin baik prianya ataupun wanitanya, bahwa Allah menguji mereka dengan adanya pengaruh pendamping dari kalangan jin. Maka tidak ada seorang muslimpun kecuali dia memiliki pendamping kafir dari kalangan jin. Imam Muslim meriwayatkan no. 2814 dari hadits Abdullah bin Mas’ud berkata: Rasulullah bersabda,

مَا مِنْكُمْ مِنْ أَحَدٍ إِلاَّ وَقَدْ وُكِّلَ بِهِ قَرِينُهُ مِنَ الْجِنِّ، قَالُوا: وَإِيَّاكَ يَا رَسُولَ اللَّهِ، قَالَ: وَإِيَّاىَ إِلاَّ أَنَّ اللَّهَ أَعَانَنِى عَلَيْهِ فَأَسْلَمَ فَلاَ يَأْمُرُنِى إِلاَّ بِخَيْرٍ

“Tidaklah seorangpun dari kalian kecuali telah diwakilkan kepada pendampingnya dari kalangan jin.” Mereka berkata: “Engkau juga wahai Rasulullah?” Beliau bersabda: “Dan juga aku, hanya saja Allah telah menolongku atasnya dan pendampingku itu masuk islam sehingga tidaklah memerintahkan kepadaku kecuali dengan kebaikan.”

Yang dimaksud pendamping di sini adalah yang terus-menerus bersamanya. Pendamping dari kalangan jin ini terus-menerus menyertai seorang muslim untuk menyesatkan dan menyimpangkannya. Dia menggunakan segala cara yang dia mampu dengannya untuk menyesatkan dan mengeluarkan kita dari islam. Bahkan pendamping dari jin ini membantu teman-temannya dari syaithan untuk menguasai kita. Betapa banyak dia telah memberi jalan pada syaithan, betapa banyak bantuannya kepada syaithan untuk mewujudkan keinginan mereka berupa penimpaan kepada kita perkara kejelekan dan ujian. Bahkan dia berkomplot dengan syaithan dari kalangan manusia mulai dari tukang sihir dan selain mereka untuk menambah gencar perusakan agama kaum muslimin dan dunia mereka.

Tidakkah engkau khawatir atas dirimu wahai hamba Allah dari musuh ini, tidakkah engkau bersiap untuk memeranginya dengan senjata syari’at sebelum dia menyerangmu dengan berbagai serangan dan mendatangkan kepadamu segala kehancuran?

Tidak Ada Seorang Muslimpun Kecuali Memiliki Pendamping Dari Malaikat Yang Mengilhamkan Pada Kebaikan

Merupakan rahmat Allah kepada kaaum muslimin adalah Allah menjadikan bagi mereka pendamping dari malaikat yang menyerukan ada kalbu mereka berbagai kebaikan dan sebab-sebab kebaikan.

Diriwayatkan oleh Muslim no. 2814 dari Abdullah bin Mas’ud bahwa Rasulullah bersabda,

مَا مِنْكُمْ مِنْ أَحَدٍ إِلاَّ وَقَدْ وُكِّلَ بِهِ قَرِينُهُ مِنَ الْجِنِّ

“Tidaklah seorangpun dari kalian kecuali telah diwakilkan kepada pendampingnya dari kalangan jin.”

Dan dari hadits Abdullah bin Mas’ud juga, beliau bersabda,

إن لِلْمَلَك لَمَّةً وللشَّيْطَانِ لَمَّة، فلَمَّةُ الْمَلَكِ إِيعَادٌ بِالْخَيْرِ وَتَصْدِيقٌ بِالحَقِّ

“Sesungguhnya malaikat memiliki bisikan dan syaithan juga memiliki bisikan, maka bisikan malaikat menjajikan kebaikan dan membenarkan al-haq.”

Diriwayatkan oleh Abdur Razaq dalam At-Tafsir (1/109) dan Ibnu Jarir dalam “At-Tafsir” (3/88) dan sanadnya shahih mauquf pada Ibnu Mas’ud dan riwayat tersebut memiliki hukum marfu’. Dan telah diriwayatkan dengan sanad yang marfu’ oleh At-Tirmidzy dalam “Jami'”nya no. 2988, Abu Ya’la no. 4999 dan Ibnu Hibban akan tetapi riwayat tersebut lemah, dikarenakan orang menjadikannya marfu’ adalah ‘Atha’ bin As-Sa’ib dan dia rawi yang tercampur hafalannya, dan rawi yang meriwayatkan darinya adalah Abul Ahwash, dan Abul Ahwash meriwayatkan dari ‘Atha’ setelah terjadinya tercampur hafalannya.

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah berkata dalam “Majmu’ Al-Fatawa” (4/34) terkait dengan bisikan yang telah disebutkan: “Maka prinsip ilmu yang benar dan keinginan yang shalih adalah bisikan malaikat”.

Maka semangatlah wahai kaum muslimin untuk tidak menerima semua perkara yang terbetik dalam kalbumu kecuali perkara yang berupa kebaikan, maka jika datang was-was kejelekan jauhilah!!

Wallahu a’lam.

8 responses to this post.

  1. Posted by Donny Aliredja on 26/08/2010 at 13:03

    Jazakallahu khairan akhi. Artikel yang sangat bermanfaat.

    Balas

  2. Posted by icha on 28/08/2010 at 11:04

    askum akhie,, trus gmn cara Qt mengetahui,,, bisikn dalam Qolbu itu dr malaikat atau dr jin??? syukron,,

    Balas

    • wa’alaikum salam warahmatullah, alangkah indahnya do’a salam yang diucapkan tanpa disingkat. Jawaban akan pertanyaan ukhti bisa di lihat pada artikel sajian kami berikut ini: Perbedaan Antara Ilham Dan Was-was Syaithan
      Kitab “Al-Inqadz” karya guru kami Asy-Syaikh Muhammad Al-Imam hafizhahullah sedang kami proses terjemahannya. Doakan segera selesai dan semoga bermanfaat bagi kaum muslimin di tanah air.

      Balas

  3. Posted by Sulayman zaidan on 19/09/2010 at 22:56

    Al,afwu apakah qorin- slalu menyertai kita tiap waktu….? Jazakumullah khairan…

    Balas

    • akhi fillah, sebagaimana dalam judul Syaikh Muhammad Al-Imam mengatakan: “…yang selalu bersamanya”. Dan dalam pemaparannya syaikh berkata: “Pendamping dari kalangan jin ini terus-menerus menyertai seorang muslim untuk menyesatkan dan menyimpangkannya.” Barakallahu fiik.

      Balas

  4. Posted by Abu Aslam Batam on 12/04/2014 at 09:40

    Assalammu’alaykum yaa akhy fillah,
    apakah kitab terjemahan nya sdh diterbitkan ? Barakallahufiykum.

    Balas

    • wa’alaikumussalam warahmatullah.
      Kitab Inqadz Al-Muslimin sudah ana susun terjemahannya, dengan judul edisi indonesia: Seluk-beluk Bisikan Jin Dan Syaithan.
      Sekarang sedang dalam proses edit atau finishing.
      Semoga Allah Ta’ala mudahkan untuk bisa segera terbit.
      Wa fiikum barakallah

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: