23. Hukum Mengucapkan Selamat Akan Masuknya Ramadhan

بسم الله الرحمن الرحيم

Hukum Mengucapkan Selamat Masuk Ramadhan

Permasalahan ini telah diperselisihkan oleh para ulama, entah pada masa ini ataupun pada masa yang telah lewat. Dan mungkin dikatakan bahwa perbedaan ini terdapat padanya dua pendapat yang inti dan mendominasi:

Pertama: Bahwa hal ini tidak disyari’atkan. Dan mereka berbeda tepatnya dihukumi apa. Ada yang mengatakan hal ini bid’ah, ada yang mengatakan hal ini haram, dan ada yang mengatakan hal ini makruh. Alasan inti mereka bahwa ini tidak disebutkan dalam kitab, ataupun dalam sunnah, ataupun dalam ucapan ulama salaf. Dan mereka menukilkan ucapan Imam Malik dan Ahmad, meskipun Ibnu Muflih mengatakan bahwa riwayat dari Imam Ahmad telah diperselisihkan.

Tapi alasan ini dijawab: Kalaupun telah diriwayatkan dalil yang menunjukkan akan hal itu dan para ulama di atas tidak tahu bukan berarti tidak ada dalil. Hujah itu dengan dalil bukan dengan tidak diketahuinya dalil.

Kedua: Disyari’atkan hal itu, bersamaan dengan adanya perbedaan pendapat akan pemastian hukum dari mereka. Ada yang mengatakan sunnah, ada yang bilang sekedar boleh dan inilah yang menurut penulis adalah yang benar. Dan diantara ulama masa ini yang memandang pendapat ini adalah Syaikh Shalih Al-Fauzan dalam “Al-Muntaqa”: “Mengucapkan selamat atas masuknya Ramadhan adalah tidak mengapa.”. Dan Syaikh Ibnu Baz dalam “Majmu’ Fatawa” mengatakan: “Aku tidak mengetahui sesuatu yang pasti dalam menyambut datangnya RAmadhan kecuali seorang muslim menyambutnya dengan gembira dan penuh rasa syukur. …Oleh karena itu RAsulullah memberi kabar gembira kepada para shahabat akan datangnya Ramadhan dengan menjelaskan keutamaannya.”.

Pembahasan meluas silahkan lihat di Forum Sahab.net berikut linknya

http://www.sahab.net/forums/showthread.php?t=327078

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: