Keselamatan Bermobil (terlebih bersama balita)

Subject: [Puterakembara] Daffa Kecelakaan!! Sharing Tips untuk keselamatan

Rekan-rekan miliser Putera Kembara,

Kalau beberapa hari yang lalu ada yang sempat menonton tayangan di Trans TV, tepatnya di “Reportase Sore” rabu, 6 september dan diputar ulang di hari kamis, 7 september di “Good Morning”, berita kecelakaan di tol jagorawi arah Jakarta, tepatnya di km 12, dekat cibubur, yang tampak jelas di kamera mobil Avanza warna gold dalam keadaan terguling dan yang menjadi korban salah satunya adalah seorang bocah berumur 3 tahun. Anak tersebut adalah anak saya bernama Daffa berumur 3 tahun 3 bulan!

Melalui tulisan ini saya ingin sharing beberapa hal yang berkaitan dengan safety, terutama dalam berkendara dengan “baby on board”. Secara singkat, kecelakaan tsb disebabkan oleh sopir (baru) saya yang mengantuk sehingga menyebabkan mobil ‘melenceng’ ke arah kiri sampai ke rumput!.Begitu dia sadar, karena kaget, langsung banting setir ke kanan, dan langsung menghajar sebuah pick-up yang sedang berhenti karena ban belakang kanan bocor dan pada saat itu juga sedang ada 2 orang yang

mengganti ban tsb. Astaghfirullahhaladziim. Pada saat kejadian,kebetulan paman saya duduk di depan samping pak kusir yang sedang bekerja…ehh…samping sopir, trus Daffa sedang disuapin oleh baby sitternya. Setelah menabrak pick-up, mobil kami rolling 1 kali sebelum akhirnya berhenti dalam keadaan ban mobil di samping kanan! Atas pertolongan penduduk setempat, maka seluruh korban dapat dilarikan ke RS UKI untuk segera mendapat pertolongan. Alhamdulillah wa syukurillah:

Daffa hanya mengalami memar di punggung dan sedikit di pipi, paman saya ‘hanya’ mengalami retak tulang di engkel begitupun baby sitter-nya ‘hanya’ bengkak engkelnya. Aneh bin ajaib, sopirnya tidak ada cedera sedikitpun. Alhamdulillah juga, si kenek pengganti ban (2 orang) hanya cedera ringan di bagian tangan. Sekarang saya sudah mendapat supir baru yang setelah saya uji, cukup safe untuk berkendara. Hal yang paling harus digarisbawahi adalah Allah menyelamatkan Daffa melalui sebuah alat yang bernama “CAR SEAT”!!!. Pada saat kejadian, Daffa terikat cukup sempurna oleh CAR SEAT salah satu merek ternama, sehingga bisa dikatakan praktis tidak mengalami cedera dan trauma baik fisik maupun psikologis.

Intinya, beberapa safety tips berikut mungkin bisa dijadikan SOP buat rekan2x semua:

1. Jangan pernah membiarkan anak duduk di bangku depan (Di Aussie, fine-nya sebesar AUSD 100). Anak harus duduk di bangku belakang, mengenakan seatbelt dengan benar, kalau bisa dilengkapi dengan peralatan safety tambahan:CAR SEAT

2. Selalu aktifkan mode “child lock” untuk pintu, dan juga “power window lock” untuk kaca jendela

3. Fow whatever reason, don’t drive sleepy! Kalau ngantuk, menepi dan tidurlah walaupun hanya 5 menit. Saya sendiri pernah mengalami kecelakaan ketika saya hanya 2-3 detik “memejamkan” mata. Nggak ada gunanya minum kopi atau energy drink pada saat sudah dalam keadaan ngantuk. The best way is just TIDUR!

4. Tempatkan thermostat AC dalam keadaan jangan terlalu dingin, karena udara dingin dapat menimbulkan kantuk yang lebih banyak. Kalau saya ngantuk, biasanya kaca jendela depan saya buka

5. Ngemut permen pedas

6. Untuk penumpang, ajak ngobrol si pengemudi dalam perjalanan, usahakan jangan tertidur. Tanda2x sopir mulai ngantuk adalah KECEPATAN KENDARAAN YANG KONSTAN dan CENDERUNG MELAMBAT.

Semoga tips dan sharing cerita ini bisa mencegah kejadian yang sama berulang.

Salam,

Papa Daffa

Sumber: http://puterakembara.org/archives/00000235.shtml

(dengan sedikit pengurangan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: